JAWABAN TUGAS 1 ANALISIS DAN PEMODELAN PERANGKAT LUNAK


Nama : Afit Santoso

NPM : 20312052


 1.Jelaskan arti dari faktor internal dan eksternal perusahaan dalam melakukan analisis SWOT! 

jawab : Analisis faktor internal eksternal merupakan metode analisis SWOT yang dapat digunakan untuk mengidentifikasi faktor internal dan eksternal yang ada di lingkungan perusahaan. Selanjutnya dapat diketahui faktor internal dan eksternal dan bagaimana pengaruhnya terhadap perusahaan.

2.Mengapa analisis SWOT perlu dilakukan? dan untuk keperluan apa saja analisis SWOT tersebut dilakukan!

jawab : Analisis SWOT digunakan untuk mengetahui faktor internal (kekuatan dan kelemahan) yang dimiliki perusahaan serta faktor eksternal (peluang dan ancaman) yang tengah dihadapi perusahaan. Analisis SWOT memiliki beberapa kelebihan, diantaranya model analisis ini mampu mendeteksikan setiap kelemahan dan kelebihan sebuah institusi sehingga bermanfaat dalam meminimalisasikan dampak atau konsekuensi yang akan terjadi dimasa akan datang.

3.Bagaimana analisis PIECES itu dilakukan itu dilakukan oleh perusahaan?

jawab :

a. Analisis terhadap konsumen menggunakan kuisioner analisis sistem awal dan sistem usulan (Performance, Informations, Efficiency dan Service. Analisis ini menggunakan analisis perbedaan tingkat kepentingan antara sebelum dan sesudah perbaikan dengan atribut yang sama dan perlakuan yang berbeda antara sistem yang berjalan dan sistem usulan dengan pendekatan uji beda (Paired Sample T-Test)

 b. Analisis deskriptif dan data terhadap perusahaan (Economy dan Control)

4.  Seberapa penting analisis PIECES dilakukan! jelaskan!

jawab : Hal ini penting karena biasanya yang muncul dipermukaan bukan masalah utama, tetapi hanya gejala dari masalah utama saja. Untuk mengidentifikasi masalah, maka harus dilakukan analisis terhadap kinerja, informasi, ekonomi, keamanan aplikasi, efisiensi dan pelayanan pelanggan.


5. Analaisis SWOT dan PIECES Gojek:

Strengths (S) 

1. Pelopor layanan ojek online di tanah air dengan merek yang mudah diingat. 

2. Selain mengantar customer ke tempat tujuan, sebagai kurir yang mengantar barang, juga layanan shopping dan go-food untuk membeli barang/makanan tertentu 

3. Kemudahan pemesanan melalui online bisa dari smartphone. 

4. Tidak perlu kuatir soal uang kembalian atau membawa uang tunai dengan GO-PAY lewat ATM, mobile banking, dari BCA, Bank BRI, dan mandiri 

5. Drivernya sudah banyak lebih dari 200 ribu drivers 

6. Driver maupun mitra mendapatkan santunan kesehatan dan kecelakaan 

7. GoJek yang memberikan bonus kepada driver yang rajin mencari pelanggan 

8. Gojek tidak terikat dengan kontrak kerja seperti pada perusahaan pada umumnya. 

9. Armada pemasaran telah memadai 

10. Harga jasa terjangkau dan bersaing 

11. Tetap mementingkan kualitas pelayanan.


Weaknesses (W) 

1. Adanya driver gojek yang “NAKAL” 

2. Aplikasi nya sering error (terutama di jam-jam sibuk/rush hour) 

3. Pengamanan sistem operasi android merupakan sistem yang amat mudah dimodifikasi dan memiliki banyak celah kemaman. 

4. Penolakan pengemudi terhadap sistem penilaian performa yang ditetapkan manajemen yang tidak transparan


Opportunities (O) 

1. Memiliki pasar yang potensial untuk bertumbuh 

2. Gojek telah resmi beroperasi di 15 kota besar di Indonesia dan akan terus bertambah 

3. Bermitra dengan sekitar 200.000 pengendara ojek yang erpengalaman dan terpercaya di Indonesia. 

4. Kebutuhan masyarakat akan jasa transportasi kendaraan roda dua yang semakin tinggi. 

5. Pola perilaku dan selera konsumen yang semakin berkembang dari jasa transportasi konvensional menjadi jasa transportasi online 

6. Teknologi aplikasi on line yang terus berkembang 

7. Pekerjaan Gojek dianggap lebih mengguntungkan


Threats (T) 

1. Semakin banyak berdirinya usaha yang sejenis 

2. Harga kompetitor lebih murah untuk beberapa jasa sejenis 

3. Baik Gojek maupun GrabBike sama-sama melengkapi pengendaranya dengan jaket bernuansa hijau dan logo di helm yang hampir mirip. Hal ini dapat membingungkan pelanggan. 

4. Para driver gojek kerap kali mendapat ancaman atau serangan dari ojek traditional


ANALISIS PIECES

Berdasarkan hasil penyebaran kuisioner kepada 124 responden konsumen pengguna jasa Gojek.  Kemudian  data  kuisioner  dimasukkan pada perhitungan Nilai Kepuasan, dan hasilnya ditunjukkan pada tabel dibawah ini



Berdasarkan  hasil perhitungan daftar pernyataan yang diberikan kepada responden yang merupakan konsumen Go-Jek, domain Performance, Information & Data, Economics, Control & Security,  Efficiency,  dan  Service,  semua  berada  pada  kategori  CUKUP  PUAS,  artinya para konsumen Go-Jek yang saat ini menjadi konsumen PT. Aplikasi Karya Anak Bangsa (GO-JEK Indonesia) berdasarkan kerangka PIECES konsumen merasa CUKUP PUAS dengan pelayanan Go-Jek pada saat ini. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tugas Rekayasa Perangkat Lunak

 Nama : Afit Santoso NPM : 20312052 Kelas IF 20 AC dibawah ini link file donlod SRS https://docs.google.com/document/d/1JF-E8ct4PIH6w_y23uSy...